S1 Pendidikan Teknologi Informasi

Tentang Program Studi

Akreditasi

Baik Sekali

gambar-prodi

Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi di Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya membuka pintu bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi dan mendalami dunia teknologi informasi dengan pendekatan pendidikan yang inovatif. Dengan fokus pada pengembangan keterampilan teknis dan pemahaman konsep dasar IT, mahasiswa tidak hanya menjadi ahli dalam teknologi tetapi juga mendapatkan landasan pendidikan yang kuat. Dukungan dosen yang berpengalaman dan fasilitas modern menciptakan lingkungan belajar yang dinamis. Melalui kurikulum yang terus diperbarui sesuai perkembangan industri, mahasiswa dipersiapkan untuk menjadi pendidik teknologi informasi yang mampu menginspirasi dan mendidik generasi berikutnya. Selain itu, program ini membuka peluang karir yang luas, mulai dari menjadi pengajar IT hingga berkontribusi dalam pengembangan solusi teknologi informasi yang inovatif. Dengan mengusung visi masa depan yang terarah dan terbuka terhadap perkembangan teknologi, lulusan S1 Pendidikan Teknologi Informasi UMTAS siap menjadi pemimpin dalam transformasi pendidikan dan industri IT di era digital.

Tampilkan Lebih Banyak expand_more

Pilih Jalur Pendaftaran

Jalur Tes - PMB Mandiri

Reguler

1 Oktober 2023 - 30 Juni 2024

Biaya Daftar Rp. 250.000

Jalur KIP Kuliah - KIP KULIAH

Jalur pendaftar khusus penerima/Pemilik Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 

Reguler

1 November 2023 - 30 Juni 2024

Biaya Daftar Rp. 250.000

Jalur Non Tes - PMDK

Reguler

1 November 2023 - 30 Juni 2024

Biaya Daftar Rp. 250.000

Jalur RPL - RPL

Jalur kuliah bagi pegawai yang ingin lulus lebih cepat sesuai dengan peraturan kemdikbud dikti

Reguler

1 November 2023 - 31 Agustus 2024

Biaya Daftar Rp. 250.000

Prospek Karir

Profile Lulusan Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi:

1. Guru Pendidikan Teknologi Informasi:
Lulusan program studi Pendidikan Teknologi Informasi memiliki kualifikasi yang memungkinkan mereka untuk menjadi guru di sekolah-sekolah formal (SMP, SMA, SMK) atau lembaga pendidikan non-formal. Mereka memiliki pemahaman yang mendalam tentang konsep dan aplikasi teknologi informasi, serta keterampilan mengajar yang efektif. Berikut ini adalah beberapa ciri profil lulusan yang menjadi guru:

- Menguasai pengetahuan tentang teknologi informasi: Lulusan memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep dasar teknologi informasi, termasuk pemrograman, basis data, jaringan komputer, sistem informasi, keamanan informasi, dan desain multimedia.

- Kompeten dalam penggunaan perangkat lunak dan perkakas teknologi informasi: Lulusan memiliki keterampilan praktis dalam menggunakan berbagai perangkat lunak dan perkakas teknologi informasi yang relevan dalam pembelajaran, seperti aplikasi pengolah kata, spreadsheet, presentasi, perangkat lunak pengembangan web, dan perangkat lunak multimedia.

- Mampu merancang kurikulum yang relevan: Lulusan memiliki kemampuan untuk merancang kurikulum yang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan kebutuhan siswa. Mereka dapat mengintegrasikan teknologi informasi ke dalam mata pelajaran yang ada, sehingga siswa dapat mengembangkan keterampilan digital dan pemahaman yang mendalam tentang teknologi.

- Menerapkan metode pengajaran yang inovatif: Lulusan memiliki kreativitas dalam menerapkan metode pengajaran yang inovatif dan berbasis teknologi. Mereka dapat menggunakan pendekatan interaktif, proyek berbasis teknologi, dan sumber daya digital untuk meningkatkan pembelajaran siswa.

- Mengelola kelas dengan efektif: Lulusan memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik, termasuk kemampuan dalam mengelola waktu, merancang aktivitas pembelajaran yang menarik, dan mengelola interaksi siswa.

2. Technopreneur (Pengusaha Teknologi):
Selain menjadi guru, lulusan program studi Pendidikan Teknologi Informasi juga memiliki potensi untuk menjadi technopreneur atau pengusaha di bidang teknologi informasi. Mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dapat mereka terapkan dalam membangun bisnis teknologi. Berikut ini adalah ciri-ciri profil lulusan yang menjadi technopreneur:

- Keahlian dalam pengembangan perangkat lunak dan aplikasi: Lulusan memiliki kemampuan dalam mengembangkan perangkat lunak, aplikasi, atau solusi teknologi yang inovatif. Mereka menguasai bahasa pemrograman dan memiliki pengetahuan tentang metodologi pengembangan perangkat lunak.

- Kreativitas dalam inovasi teknologi: Lulusan memiliki keterampilan kreatif dan kemampuan berpikir out-of-the-box dalam menghasilkan ide-ide inovatif untuk produk atau layanan teknologi. Mereka dapat mengidentifikasi peluang bisnis di bidang teknologi informasi dan mengembangkan solusi yang menarik bagi pasar.

- Pemahaman tentang pasar dan strategi bisnis: Lulusan memiliki pemahaman yang baik tentang pasar teknologi informasi, tren industri, dan kebutuhan pelanggan. Mereka mampu mengembangkan strategi bisnis yang efektif, termasuk perencanaan bisnis, pemasaran, dan manajemen keuangan.

- Kemampuan berkomunikasi dan bekerja dalam tim: Lulusan memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan mampu bekerja dalam tim. Mereka dapat berkolaborasi dengan profesional lain dalam pengembangan produk atau layanan teknologi, serta menjalin kemitraan bisnis yang strategis.

- Jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan: Lulusan memiliki jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan yang kuat. Mereka memiliki kemampuan untuk mengelola tim, mengambil risiko yang terkontrol, dan mengatasi tantangan dalam menjalankan bisnis teknologi.

Profil lulusan program studi Pendidikan Teknologi Informasi yang mencakup kedua peran sebagai guru dan technopreneur ini menunjukkan fleksibilitas dan kesesuaian lulusan dalam berbagai jalur karir di bidang teknologi informasi.

Materi Pembelajaran

-



Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca user guide (petunjuk) pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!